Redmi Resmi “Pisah” dari Xiaomi

Kabar cukup mengejutkan dari Xiaomi di awal tahun 2019 ini. Sebab, mereka telah mengumumkan bahwa Redmi tidak lama lagi bakal “melepaskan diri” dari Xiaomi.

Xiaomi akan membuat Redmi menjadi sub-brand, artinya Redmi akan jalan secara mandiri seperti diungkap akun resmi Xiaomi di media sosial Weibo di China. Lewat akunnya, Xiaomi mengumumkan bahwa Redmi akan menjadi merek independen saat peluncuran ponsel anyar 10 Januari mendatang.

Artinya, Redmi bakal seperti Poco atau Pocophone yang dijual tidak dengan nama depan Xiaomi.

CEO Xiaomi Lei Jun menyebut, alasan utama dilakukannya pemisahan Mi dengan Redmi lantaran perbedaan fokus. Redmi akan konsentrasi untuk mengembangkan produk ponsel yang terjangkau.

Sementara merek Mi akan ditujukan untuk ponsel-ponsel yang lebih canggih (high-end). Selain itu, Redmi juga akan dijual lewat e-commerce, sementara Mi hanya akan dijual di toko fisik dan tidak tersedia secara online.

Dengan pemisahan ini, perusahaan akan memiliki tiga merek terpisah berdasarkan segmen yang akan disasar. Mi untuk ponsel premium, Redmi untuk ponsel terjangkau, dan Poco untuk ponsel menengah, ponsel premium yang terjangkau

Perpisahan antara Xiaomi dengan Redmi juga dinilai dapat membantu merek kelas menengah tersebut untuk membangun identitas merek.

  • 1
    Share